MUSRENBANGDES DESA WANGUNREJO KEC MARGOREJO KAB PATI UNTUK TAHUN ANGGARAN 2020

Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati rencana kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya. Musrenbang desa dilakukan untuk menyusun rencana kerja tahunan pemerintah desa dengan mengacu/memperhatikan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM Desa) yang sudah disusun. Musrenbang yang bermakna, akan membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan memotret potensi dan sumber- sumber pembangunan yang tersedia baik dari dalam desa sendiri maupun dari luar desa.

 

Tujuan Musrenbangdes

Menyepakati prioritas kebutuhan dan kegiatan desa yang akan menjadi bahan penyusunan RKP Desa dengan pemilahan sbb.:  Prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan oleh desa sendiri dan dibiayai melalui dana desa, Prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan desa sendiri yang dibiayai melalui APB Desa, Prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan melalui kegiatan kerjasama antar desa, Prioritas kegiatan desa yang akan diusulkan melalui musrenbang.

Peserta Musrenbangdes

  • Keterwakilan wilayah (dusun//RW/RT);
  • Keterwakilan berbagai sektor ( ekonomi/ pertanian/ kesehatan/ pendidikan/ lingkungan/ dsb.);
  • Keterwakilan kelompok usia (generasi muda; generasi tua);
  • Keterwakilan kelompok sosial dan jenis kelamin (tokoh masyarakat, tokoh adat; tokoh agama; bapak-bapak; ibu-ibu; kelompok marjinal);
  • Serta keterwakilan berbagai organisasi yang menjadi pemangku kepentingan dalam upaya pembangunan desa.

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan